Ciri-ciri Tikus, Kelelawar, Bunglon, Bebek, Cicak






D
I
S
U
S
U
N

OLEH:



NAMA    : PUTRI ANJEL ANGGRAINI
KELAS    : VI. A



SEKOLAH DASAR NEGERI 132
PALEMBANG
TAHUN 2015
TIKUS
http://static.inilah.com/data/berita/foto/1365532.jpg
    Ciri-ciri tikus kepala, badan dan ekor terlihat jelas. Tubuhnya tertutup rambut, tetapi ekornya bersisik dan kadang-kadang berambut. Binatang ini mempunyai sepasang daun telinga, mata, bibir kecil dan lentur. Di sekitar hidung/moncong terdapat misae. Badan tikus berukuran kecil (600 mm), sehingga binatang ini sering disebut sebagai mamalia kecil. Berdasarkan ukuran badannya, dikenal tikus besar/sedang dan kecil.
Tikus berukuran badan besar atau sedang, ukuran panjang badannya 180 - 600 mm, sedangkan tikus berukuran badan kurang dari 180 mm dikenal tikus kecil. Tubuh tikus secara umum mempunyai bentuk atau ciri yang berbeda antara tikus berukuran besar, sedang dan tikus yang berukuran berukuran kecil, seperti mencit. Tikus berukuran besar sering disebut sebagai tikus wirok, sedangkan yang berukuran kecil sering disebut tikus piti, mencit atau nying-nying.



CICAK
http://terapiseft.com/files/2012/03/Cicak.jpg
Cicak memiliki telapak kaki dengan sistem perekat. Sistem perekat ini dibangun oleh telapak kaki yang beralur pararel. Dengan alur yang dimiliki, memungkinkan cicak dapat menempelkan kakinya di dinding dan berjalan tanpa terpeleset.
Ciri khusus cicak yang lain adalah kemampuan memutuskan ekornya. Hal ini dilakukan cicak untuk melindungi diri dari musuhnya. Cicak akan memutuskan ekor, kemudian ekor tersebut akan bergerak-gerak untuk mengalihkan perhatian musuh. Sementara itu, cicak dengan ekor yang putus akan leluasa untuk meloloskan diri.
Ciri khusus lainya pada hewan cicak adalah untuk memperoleh makanan, cicak memiliki lidah yang panjang dan lengket. Bentuk lidah ini digunakan untuk menangkap mangsa berupa serangga yang terbang.
BUNGLON
C:\Documents and Settings\dewa51centre\My Documents\Downloads\5659714528_3e949d700c_z.jpg
Ciri-Ciri:
  • Dapat mengubah warna tubuhnya sebagai tanggapan terhadap perubahan suhu dan cahaya di sekitarnya (Mikri)
  • Kemampuan untuk menyamar membantu bunglon untuk menangkap mangsa dan menghindari pandangan musuh.
  • Memiliki lidah panjang dan lengket untuk menangkap mangsa dan membawanya ke rahang.
  • Memiliki mata yang dapat berputar dan dapat melihat ke segala arah.
  • Memiliki kaki yang dapat mencengkeram seperti tangan agar dapat menggenggam dengan kuat.
BEBEK
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUsgnHWe2OymxMn3GVu_MWeKd300GV9DY0TSFc2xCqolTmG-J_OCXp_2eu1f9BwkAN7m02NRTNa0AYKKw0j_JhUoPn0eSZxYP_v6c6OvF1osqKILXMwtQD0p0x2cypAjrEV1EjsRbfEHs/s1600/BEBEK.jpg
Ciri-cirinya:
  • Warna bulunya beragam dan bebek betina biasanya terdapat pola yang berbintik-bintik dan terlihat lebih kusam 
  • Ukuran tubuh bebek pejantan lebih besar dibandingkan betina dan terlihat berlekuk dan membulat 
  • Saat bersuara bebek pejantan tidak keras dan cenderung lembut dibandingkan betina yang bersuara keras 
  • Bagian bulu ekor bebek jantan pada ujungnya terlihat menekuk ke atas sedangkan betina tidak. 
  • Ke duanya memiliki kaki yang lebar, berselaput sehingga mampu berenang di air dan letaknya berada jauh dibelakang tubuh. serta berjalan horizontal dan lambat. 
  • Memiliki paruh lebar dan panjang yang mengandung lamellae yang berfungsi untuk menyaring makanan. 
  • Bobot sekitar 0,7 samapi 1,5 Kg dan Panjangannya sekitar 30 -50 cm.
KELELAWAR
http://www.fhm.co.id/lkgallery/teaser/4a62831ed2e7e43835ba0e113303ba36.jpg
Ciri-cirinya:
  • Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang mampu terbang. Sayap kelelawar merupakan membrane dobel dari kulitnya dan terbentang di antara tulang dari keempat jarinya (kecuali jempol) yang sangat panjang.
  • Hampir semua jenis kelelawar merupakan nocturnal, yaitu mahluk yang aktif di malam hari.
  • Kelelawar merupakan mamalia yang durasi tidurnya paling lama di antara hewan mamalia yang lain.
  • Memiliki kemampuan Echolocation. kelelawar cenderung lebih menggunakan sistem sonar yang dimilikinya dalam memburu mangsanya. Sistem sonar tersebut disebut dengan Echolocation.
  • Kelelawar biasanya hidup berkoloni, bergerombol, namun ada juga yang hidup sendiri-sendiri.
TOKEK
http://www.anneahira.com/images/manfaat-tokek.jpg

Ciri-ciri :

  • Mempunyai panjang sekitar 35 cm. Badan tokek adalah silinder, dan agak gepeng di sisi atas. Kepala besar dari leher, dan mereka memiliki mata besar yang menonjol. Kelopak mata hewan ini menyatu dan transparan. Mereka juga memiliki sisa-sisa mata ketiga di atas kepala mereka, yang diyakini untuk mengkoordinasikan aktivitas mereka dengan kondisi cahaya.
  • Telinga dapat dilihat pada bagian luar tokek sebagai lubang-lubang kecil di kedua sisi kepala. Tokek memiliki jangkauan pendengaran sekitar 300 Hertz sampai 10.000 Hertz.
  • Memiliki kulit lembut, granular yang terasa jika disentuh. Warna-warni tokek sangat penting untuk pola hidupnya. Kulit biasanya berwarna abu-abu dengan beberapa merah kecoklatan, bintik-bintik merah terang tetapi memiliki kemampuan untuk menerangkan atau menggelapkan warna kulitnya. Mereka biasanya melakukannya dalam rangka untuk berbaur atau menjadi kurang terlihat dengan hewan lain.
  • Tokek jantan meimiliki warna yang lebih cerah dari yang betina.
  • Pada jari-jari kaki tokek  memiliki bulu-bulu halus (Seta), yang memungkinkan mereka untuk berpijak vertikal, menggantung dan bergerak dengan kecepatan cepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini